PERTEMUAN VIRTUAL PIMPINAN BPK SULTRA DENGAN PEMERINTAH DAERAH

Bertempat di rumah jabatan Kepala Perwakilan BPK Sultra, Kepala Perwakilan BPK Sultra, Ali Asyhar melaksanakan pertemuan dengan lima daerah kabupaten/kota melalui video conference (vicon). Vicon tersebut membahas penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited dan berbagai langkah strategis  pelaksanaan pemeriksaan LKPD tahun anggaran 2019 dalam kondisi pandemik Covid-19, hari kamis (4/20) pukul 14.00 WITA.

Vicon tersebut dijadwalkan dihadiri Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Muna Barat. Namun dalam pelaksanaanya, Kabupaten Wakatobi dan Kota Baubau tidak bisa hadir karena terkendala teknis. Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari yang diwakili oleh inspetur mengatakan siap untuk menyerahkan LKPD Unaudited minggu depan.

Kepala Perwakilan mengungkapkan paling cepat dilakukan pemeriksaan terinci tanggal 22 April 2020. Secara teknis dalam melakukan pemeriksaan, tim lebih banyak berkoordinasi melalui teknologi, kalau pun harus melakukan kunjungan maka jumlah tim akan dibatasi karena keterbatasan interaksi yang bisa dilakukan. Selanjutnya Kepala Perwakilan meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat menyiapkan dokumen elektronik yang akan diperiksa sehingga mengurangi intensitas pertemuan fisik.