Sinergitas BPK dan BPKP Kawal akuntabilitas keuangan pemerintah daerah

Dengan tetap menerapkan protokol Covid-19, Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sultra, M. Ali Asyhar beserta pejabat struktural dan fungsional menerima kunjungan Kepala Perwakilan Badan Pengawasasn Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Tenggara, Sasono Adi  yang turut didampingi oleh para koordinator pengawasan, Selasa (30/06).

Selain menjalin koordinasi dan sinergitas antara BPK dan BPKP, Sasono Adi juga mengungkapkan bahwa BPKP telah berupaya meningkatkan pengawalan akuntabilitas keuangan pemerintah daerah di wilayah Provinsi Sultra. Selain itu telah dilaksanakan pendampingan untuk menjadi quality assurance dan pengawalan untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan pemerintah daerah sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance) melalui pengawasan internal yang menjadi domain BPKP, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, Peraturan Presiden Nomor 192 Tahun 2014, dan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2014.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sultra, M. Ali Asyhar siap mendukung agar pengawasan dapat berjalan dengan lancar dan mengusulkan dibentuknya forum bersama yang melibatkan BPK, BPKP dan Pemerintah Daerah Se-Sultra dalam rangka mendorong tata kelola pengelolaan keuangan yang lebih baik.